Home » MANAJEMEN BENCANA

MANAJEMEN BENCANA

Program studi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur merupakan program studi multidisiplin ilmu pada bidang kebencanaan yang menciptakan sumberdaya manusia yang memiliki kapasitas keilmuan kebencanaan yang komprehensif secara teoritis, praktis, dan berbudi luhur. Seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur dibekali dengan nilai-nilai Kebudiluhuran yang meliputi; Sabar Mensyukuri (Sabar Narimo), Cinta Kasih (Welas Asih), Rendah Hati, Suka Menolong Sesama (Seneng Tetulung Mring Sapodho), Kerjasama, Jujur (Temen), Tanggung Jawab, Toleransi dan Sopan Santun yang sangat berguna dalam kewajiban profesional bidang kebencanaan dan juga dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang sangat beragam.

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur memiliki kesempatan berkarir pada instansi-instansi pemerintahan, perusahaan swasta ataupun organisasi yang bergerak dalam bidang penanganan bencana baik dalam lingkup nasional dan internasional.

Kurikulum

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga profesional pada bidang penanganan bencana, kurikulum pada Program Studi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur disusun berdasarkan pendekatan Pembelajaran Berbasis Luaran (Outcome-based Education (OBE)). Program Studi Manajemen Bencana menawarkan kurikulum dengan total mata kuliah berjumlah 144 SKS yang terbagi menjadi 85 SKS (60%) teori dan 59 SKS (40%) muatan praktik. Keseluruhan SKS dan Skripsi dapat ditempuh dalam 7 semester. Program Studi Manajemen Bencana juga mengadopsi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program Studi Manajemen Bencana menerapkan metode Pembelajaran Bauran (Blended Learning: PTM dan Online Learning), dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centered). Selain itu pembelajaran juga dilaksanakan pada Laboratorium kebencanaan (Laboratorium GIS, Laboratorium Penginderaan Jauh, Laboratorium Mitigasi & Rekonstruksi, Laboratorium Fisik).

Keunggulan Program Studi

Capaian pembelajaran (learning outcomes) Prodi Manajemen Bencana FEB UBL adalah kemampuan mahasiswa mengaplikasikan ilmu manajemen bencana, mengkaji dan mengidentifikasi potensi bencana dengan pemanfaatan IPTEK, didukung dengan kompetensi kewirausahaan berupa disain ekonomi kreatif pra-bencana dan pasca-bencana bagi masyarakat di wilayah rawan bencana dan terkena dampak bencana yang berbasis kearifan lokal.

Adapun Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Prodi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur adalah:  

  1. Kompetensi utama dalam penanganan pra-bencana, tanggap darurat dan pasca-bencana meliputi kebijakan dan kelembagaan, analisis risiko yang terdiri dari penilaian kerawanan, kerentanan, kapasitas, serta analisis big data dan informasi kebencanaan
  2. Kompetensi pendukung yang meliputi;
  3. Pengelolaan keuangan dan akuntabilitas bencana
  4. Pemberdayaan masyarakat & pengembangan ekonomi kreatif kebencanaan
  5. Komunikasi multisektoral dalam penanganan bencana

Selain itu, seluruh mahasiswa Prodi Manajemen Bencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur juga akan dibekali dengan nilai-nilai Kebudiluhuran (sabar mensyukuri (sabar narimo), cinta kasih (welas asih), rendah hati, suka menolong sesama (seneng tetulung mring sapodho), kerjasama, jujur (temen), tanggung jawab, toleransi dan sopan santun) yang sangat berguna dalam kewajiban profesional bidang kebencanaan dan juga dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang sangat heterogen.